Minggu, 17 November 2013

Sejarah Muhammadiyah Gerakan Tajdid di Indonesia

 cover Buku Sejarah Muhammadiyah Gerakan Tajdid di Indonesia
Sejarah Muhammadiyah

Judul : Sejarah Muhammadiyah Gerakan Tajdid di Indonesia
Penulis: Abu Mujahid
Penerbit : Toobagus Publishing
Ukuran : 17 cm x 25 cm, soft cover, 242 hal, uv, shrink
Harga : Rp 75.000
Harga di sini: Rp. 60.000
Disc: 20 %

Sinopsis Buku Sejarah Muhammadiyah Gerakan Tajdid di Indonesia

Di Indonesia, Muhammadiyah pernah dikenal sebagai wakil utama gerakan pembaruan Islam. Muncul pada saat orang-orang Islam sedang berhaji di Tanah Suci, Muhammadiyah akhirnya merombak cara berislam yang kadung sudah dikenal di tanah Jawa dulu. Dari yang dulunya serba klenik, sekarang serba Qur’an-Sunnah.Dari yang dulunya serba kyai, sekarang serba ijtihad. Dan dari yang dulunya serba cupet, sempit pikiran, sekarang serba rasional dan hitam atawa putih.
Tentu saja, ada pro dan kontra. Ada yang sepakat, ada juga yang menentang. K.H. Ahmad Dahlan sendiri, pendiri Muhammadiyah sekaligus “Sang Pencerah” di kalangan mereka, sempat dibilang sebagai “Kyai Putih” atau “Kyai Kafir” oleh para penentangnya. Dan semua itu tidak lantas membuatnya bergeming.
Karena kiprahnya, banyak orang yang tertarik dengan Muhammadiyah. Waktu itu, sarjana-sarjana Barat tidak sedikit yang merasa optimis bahwa Muhammadiyah adalah prototipe muslim-muslim ideal dan bersahabat bagi masyarakat dunia masa depan, sehingga mereka pun ramai-ramai mengkaji Muhammadiyah.
Sejarah Muhammadiyah Gerakan Tajdid di Indonesia berusaha menyorot semua itu, yang pada bagian kesatu ini sorotan diarahkan pada masa-masa pertama Muhammadiyah dan sudah pasti: latar belakang pendiriannya. Mereka yang percaya pada keteraturan dan keorganisasian dalam mendidik generasi Islam yang baik patut baca buku ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar